Waspada Serangan Fajar dari Nasyiah Jawa Timur!

Ilustrasi Pemilihan Umum

nasyiahjatim.or.idSerangan fajar adalah salah satu tindakan politik uang transaksional yang umumnya terjadi menjelang hari pemungutan suara saat pemilihan umum (Pemilu). Istilah ini dulu lazim digunakan di dunia militer untuk menyergap targer secara mendadak di pagi buta.

Nasyiatul Aisyiyah Jawa Timur juga mau melakukan serangan fajar, nih. Tapi ini terang-terangan dan bukan termasuk praktik kecurangan dalam pemilu. Nasyiatul Aisyiyah Jawa Timur ingin memberikan tips singkat menjelang pemilu supaya Yunda-Yunda bisa menjadi pemilih yang cerdas!

Cobalah Berpikir Kritis dalam Menentukan Pilihan

Yunda sudah tahu belum sih kalau ada platform namanya Bijak Memilih. Bijak Memilih ini sudah mengumpulkan, mengurasi, dan menyajikan informasi-informasi relevan dan akurat, juga mudah dicerna terkait Pemilu 2024.

Jadi nggak ada lagi tuh istilah bingung mau pilih siapa, atau skeptis dengan pemilu karena semua sudah disajikan dengan menarik dan mudah untuk kita. So, langsung saja kepoin Instagramnya di @bijakmemilih.id atau kunjungi www.bijakmemilih.id.

Kenali Para Kandidat
Saat pemilu nanti kita nggak cuma milih presiden dan wakil presiden aja, lho. Kita juga harus memilih para kandidat calon legislatif lainnya, yaitu DPR RI, DPRD tingkat provinsi, DPRD tingkat kab/kota, juga DPD RI.

Nah lho, kebayang nggak tuh sebanyak apa? Supaya Yunda tidak bingung ada beragam platform yang bisa membantu sehingga saat di TPS nanti kita nggak asal milih dan kebingungan. Misalnya nih ada goodkind.id yang bisa bantu kita cek profil dan rekam jejak para caleg.

Ada juga www.lezen.id yang menyajikan daftar calon legislatif terlengkap. Pokoknya sebelum masuk bilik harus kunjungi platform ini dulu deh!

Masih Berpikir Untuk Golput?
Golput adalah singkatan dari golongan putih. Istilah ini digunakan untuk menunjuk kepada kalangan yang tidak ingin menggunakan hak pilihnya dalam pemilu. Golput memang hak ya, terutama bagi mereka yang apatis terhadap pemilu, tapi kayanya rugi deh kalau golput! Karena kualitas hidup dan masa depan kita dipengaruhi oleh politik. Kalau kata @claurakiehl suara kita krusial dalam membentuk undang-undang yang pada akhirnya bisa memperbaiki dan mensejahterakan banyak orang.

Kawal Suara Kita
Nah, proses pemilu itu panjang dan tidak sesingkat di bilik suara. Semakin panjang prosesnya akan semakin tinggi potensi kecurangannya. Peran kita sebagai pemilih tidak hanya dengan selesai menaruh suara di TPS tapi juga memastikan suara kita dikelola seperti seharusnya. Salah satu caranya dengan foto, rekam, laporkan jika ada indikasi kecurangan. Ada beberapa platform yang bisa Yunda pakai untuk menjaga suara seperti kawalpemilu.or.id atau jagapemilu.com.

Kalau kata Mbak Najwa, karena yang kita pertaruhkan ini terlalu besar untuk tidak dikawal bersama, pastikan suara rakyat dikawal rakyat.

Demikian tips singkat ala serangan fajar menjelang pemilu dari Nasyiah Jatim untuk bekal Yunda-Yunda berpartisipasi dalam Pesta Demokrasi. Yuk bantu sebarkan serangan fajar ini supaya semakin banyak Yunda yang memperoleh manfaatnya dan pemilu kita semakin berkualitas.