Progressif: Manifesto Gerakan Perempuan Muda Berkemajuan Jawa Timur

Selebrasi "Prgressif"


nasyiahjatim.or.idKonsolidasi Wilayah dan Pelatihan Manajemen Organisasi dengan tema “Kuatkan Sinergisitas, Wujudkan Nasyiatul Aisyiyah Jawa Timur Progresif” diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah (PWNA) Jawa Timur, Sabtu-Ahad (6-7/01).

Kegiatan ini diikuti oleh 152 peserta yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan ketua departemen organisasi Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) se-Jawa Timur.

Bertempat di Theater Dome Universitas Muhammadiyah Malang, salah satu rangkaian kegiatannya adalah peluncuran Nasyiatul Aisyiyah Jawa Timur Progressif. Ia merupakan branding gerakan Nasyiatul Aisyiyah Jawa Timur periode 2022-2026 yang dirancang dan disusun oleh tim khusus untuk menciptakan identitas dan citra untuk melahirkan persepsi positif.

Sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan koneksi emosional antar-kader, antar-level pimpinan Nasyiatul  Aisyiyah di Jawa Timur hingga berbagai stakeholder, branding ini kabarnya disusun secara serius oleh tim khusus.

Tim khusus tersebut diketuai oleh Arin Setiyowati dan sepuluh anggota lainnya yaitu Hervina Emzulia, Hadiatul Hikmah, Fazat Azizah, Nur Aini Azizah, Linta Ulinnuha Bahraine, Nia Ambarwati, Nurul Mawaridah, Zakiyah Yasin, Rizky Amaliyah, dan Anisa Herawati.

Pada peluncuran ini, Arin menyampaikan beberapa alasan mengapa branding gerakan menjadi aspek yang penting untuk dimiliki, diantaranya yang pertama, melalui branding dengan elemen-elemen yang tertera dalam proses penggalian dan penyusunannya dapat menyampaikan nilai-nilai inti, visi, dan tujuan dengan lebih mudah dipahami dan diingat oleh khalayak.

Kedua, branding yang menginspirasi dapat mendorong partisipasi dan aksi. Ini bisa berupa dukungan finansial, keikutsertaan dalam acara, atau keterlibatan aktif dalam program-program gerakan.

Ketiga, branding yang sudah dikenal oleh khalayak akan mempermudah penyusunan strategi pemasaran dan promosi. Ini memberikan landasan yang kokoh untuk kampanye-kampanye kegiatan sosial yang efektif.

Keempat, branding dapat membantu mengidentifikasi gerakan organisasi secara unik dan membedakannya dari organisasi lainnya. Secara keseluruhan, branding bukan hanya elemen pemasaran semata, melainkan pondasi sekaligus manifestasi kebaikan untuk membangun hubungan yang lekat dan kuat antara gerakan dan publiknya.

Dengan identitas yang kuat, gerakan dapat lebih efektif dalam mencapai tujuannya dan memberikan dampak positif pada masyarakat.

Term progressif ini merupakan akronim dari pro(f)etik, gesit, kolaboratif, responsif, dan inklusif yang menjadi saripati utama yang digali dan diturunkan dari nilai sekaligus karakter dasar yang sudah dipraktikkan, dibudayakan, hingga menjadi harapan untuk perbaikan dalam Gerakan Nasyiatul Aisyiyah Jawa Timur.

Kelima karakter dan nilai prioritas yang dioptimalkan oleh Nasyiatul Aisyiyah Jawa Timur periode 2022-2026 melalui Progressif ini harus dimanifestasikan dalam lima ranah perkhidmatan: keumatan, kebangsaan, kemanusiaan, global, dan masa depan.

Pada ranah keumatan, karakter sekaligus nilai Progressif akan mendasari pelaksanaan agenda-agenda organisasi yang memiliku muara untuk pengkhidmatan pada persoalan-persoalan keumatan. Misalnya, Nasyiatul Aisyiyah Jawa Timur mampu meneguhkan ukhuwah dan memperbaiki kualitas kehidupan umat di lingkungan Jawa Timur. 

Sementara dalam ranah kebangsaan, Nasyiatul Aisyiyah Jawa Timur dengan karakter dan nilai progressif mampu memperkuat tali dan ikatan kebangsaan Indonesia, memajukan demokrasi, meningkatkan ekonomi, mengembangkan hukum, dan membangun kebudayaan.

Dalam ranah perkhidmatan kemanusiaan, Nasyiatul Aisyiyah Jawa Timur dengan karakter dan nilai progressif mampu mengentaskan kemiskinan, menguatkan masyarakat, memberdayakan perempuan, melindungi anak-anak, menanggulangi bencana, menggapai pendidikan untuk semua dan melayani kesehatan masyarakat. 

Dalam perkhidmatan global, Nasyiatul Aisyiyah Jawa Timur dengan karakter dan nilai progressif mampu menegakkan keadilan dalam pergaulan internasional, memenuhi hak-hak kemanusiaan, mewujudkan perdamaian, melestarikan lingkungan dan membangun peradaban.

Dalam ranah perkhidmatan masa depan, Nasyiatul Aisyiyah Jawa Timur dengan karakter dan nilai progressif mampu memperjuangkan masa sekarang demi mewujudkan masa depan yang lebih baik. Di samping itu, juga mampu memersiapkan generasi masa mendatang yang tangguh, cerdas dan penuh semangat juang, melalui kaderisasi yang baik.

Sehingga Nasyiatul Aisyiyah Jawa Timur mampu mengambil peran dalam upaya menciptakan wajah peradaban yang cerah khususnya di Jawa Timur, baik sebagai perumus wacana sekaligus secara bersamaan sebagai eksekutor guna terwujudnya visi gerakan.

Nurul Mawaridah