Goes to School, KLL dan Pashmina Ciptakan Remaja Unggul dan Sehat


nasyiahjatim.or.id
Goes to School di SMA Muhammadiyah 3 Bungah Gresik Jawa Timur, Kantor Layanan Lazismu (KLL) dan Pelayanan Remaja Sehat Milik Nasyiatul Aisyiyah (Pashmina) ingin menciptakan remaja unggul dan sehat, Sabtu (26/8/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah (PWNA) Jawa Timur ini berlangsung dari pukul 07.30 hingga pukul 12.00.

Anggota Pashmina Vebrina mengatakan kegiatan ini juga diselenggarakan diberbagai daerah antara lain di MBS Socah oleh PDNA Bangkalan, di MBS 1 Tulungagung oleh PDNA Tulungagung.

“Selain itu, kegiatan juga dilakukan di MAM 1 Tlogomas Kota Malang oleh PDNA Kota Malang dan di SMK Mulia Bermanfaat oleh PCNA Cakru Jember,” katanya.

Dia menuturkan, konsep kegiatan berupa pembukaan KLL berkolaborasi bersama Pashmina yang merupakan program Nasional oleh Pimpinan Pusat (PP) Nasyiatul Asiyiah periode 2016-2020, dan sudah dilaksanakan bahkan dikembangkan beberapa Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah di seluruh Indonesia.

“Hal ini dilatarbelakangi oleh pihak sekolah yang meminta diadakannya pelayanan. Sebab banyak siswa yang orang tuanya berprofesi sebagai TKI atau TKW dan belum bisa pulang ke tanah air karena efek dari pandemi Covid-19. Adapun jumlah peserta total keseluruhan berkisar 250 peserta,” jelasnya.

Gerakan Dakwah Islam
Vebrina menjelaskan NA sebagai gerakan dakwah Islam yang saat ini dan akan datang diuji dengan tantangan baru dan besar, yakni bagaimana membebaskan, memberdayakan, dan memajukan umat Islam maupun masyarakat Indonesia dari berbagai ketertinggalan menuju kehidupan yang berkemajuan di segala bidang.

“Tantangan gerakan Islam menjadi lebih berat ketika berhadapan dengan misi gerakan agama lain yang lebih progresif dan sistematis di tengah kondisi kehidupan aktual yang semakin kompleks, yang menuntut kehadiran gerakan-gerakan Islam yang bersifat alternatif,” ungkapnya.

Dia menuturkan, NA dalam rentang usia 17 sampai 40 tahun harus menjawab salah satu problema mendasar yakni kesehatan remaja.

Pashmina merupakan wadah berkumpulnya para remaja dalam mengembangkan diri. “Selain itu, juga bisa sebagai media bertukar pikiran tentang kesehatan dan kesehatan reproduksi, konsultasi prikologi yang terdiri atas pos layanan kesehatan meliputi layanan indeks masa tubuh dan pemeriksaan kadar HB, pos konsultasi kesehatan reproduksi, pos konseling dan pos makanan bergizi, serta pos edukasi,” tambahnya.

Remaja Sehat dan Unggul
Vebrina mengungkapkan tujuan Pashmina Jatim mengadakan kegiatan ini secara umum untuk menciptakan remaja sehat, unggul, dan berakhlak mulia dalam rangka mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

“Dengan meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi remaja. Di sisi lain juga mendekatkan layanan kesehatan sesuai kebutuhan remaja, membiasakan perilaku hidup sehat Islami pada remaja masa kini, menjadikan remaja sebagai pelaku aktif pengelolaan Pashmina,” jelasnya.

Dengan demikian, sambungnya, akan terwujud tumbuhnya kualitas remaja yang sehat jasmani dan rohani, terbentuknya wadah pergaulan dan ajang pengembangan kreatifitas remaja, terbentuknya karakter remaja yang memiliki kecerdasan, kepribadian holistik, dan berakhlak Islami dalam memajukan bangsa Indonesia, jelasnya.

“Kegiatan ini juga bisa sebagai salah satu wujud kepedulian dan kolaborasi KLL dalam kegiatan KLL feat Pashmina goes to school ini yaitu dengan membagikan kaleng rendang untuk semua peserta. Raut wajah bahagia tetap nampak dari seluruh peserta hingga acara berakhir,” ujarnya.

Nurul Mawaridah